Sabtu, 3 Juni 2021 SMA Negeri 1 Belitang melakukan penilaian Adiwiyata menuju provinsi.

Sabtu, 3 Juni 2021 SMA Negeri 1 Belitang melakukan penilaian Adiwiyata menuju provinsi. Berikut adalah beberapa susunan acara kegiatan Adiwiyata ini diantaranya sebagai berikut:
• Acara pertama dilakukan pada pukul 08:00 – 08:30 tim penilai yaitu ibu Della Agusnaini, SH dan bapak Sapari tiba di SMA Negeri 1 Belitang lalu melakukan pengalungan bunga kepada tim penilai oleh duta Adiwiyata kemudian di sambut oleh marching band SMA Negeri 1 Belitang, dan tim penilai menyaksikan penampilan marching band di halaman SMA Negeri 1 Belitang.
• Acara yang ke dua yaitu pada pukul 08:30 – 10:00 tim penilai melakukan peninjauan fisik terkait dengan pelaksanaan Gerakan PBLHS, kemudian tim penilai menuju Green house, tanaman Hidroponik, dan lain sebagainya yang bertempatkan di seluruh lingkungan sekolah.


• Acara yang ke tiga yaitu pada pukul 10:00 – 12:00 pihak sekolah melakukan acara inti yaitu pembukaan, sambutan- sambutan, presentasi, film, dan pengarahan tim verifikasi dengan seluruh dewan guru dan peserta didik yang ditugaskan berada di Aula Zulfahmi.
• Acara yang ke empat yaitu pada pukul 12:00-13:00 baik tim penilai, dewan guru dan peserta didik melakukan ISHOMA di masjid SMA Negeri 1 Belitang ataupun ke tempat makan.
• Acara yang ke lima yaitu pada pukul 13:00-16:00 melakukan evaluasi hasil verifikasi lapangan dengan sosialisasi oleh tim penilai Adiwiyata DLH dan pertahanan Provinsi Sumatera Selatan di Aula Zulfahmi.


• Dan masuk ke acara yang terakhir yaitu pada pukul 16:00 baik pihak sekolah maupun tim penilai melakukan acara penutupan di Aula Zulfahmi.
Baik di atas adalah beberapa susunan acara pada kegiatan Adiwiyata menuju provinsi hari ini (03/06)
Dan sebelum tim penilai pulang salah satu anggota tim kami ada yang mewawancarai salah satu tim penilai yaitu ibu Della Agusnaini, SH dengan beberapa pertanyaan yaitu bagaimana pesan dan kesan ibu terhadap SMA Negeri 1 Belitang, Apa tujuan DLH mengadakan program Adiwiyata di setiap sekolah, Nilai positif apa yang ingin ditularkan atau disampaikan oleh DLH kepada sekolah- sekolah, Bagaimana mekanisme Adiwiyata kabupaten sampai Adiwiyata mandiri, Dan apakah SMA Negeri 1 Belitang berpotensi sampai ke Adiwiyata tingkat mandiri.
Dan kemudian ibu Della Agusnaini, SH Menjawab
“Pesan lanjutkan saya yakin SMA Negeri 1 Belitang ini bisa sampai Adiwiyata Provinsi, kesan sekolahnya rapi, indah dan asri. Sebenarnya ini bukan program DLH melainkan program langsung dari pemerintah dan DLH adalah penyelenggaranya. Sebenarnya Adiwiyata ini memberikan nilai positif semua dari kebersihan sekolah, lapangan dan ya jadi banyak murid yang terdampak dalam program Adiwiyata ini contohnya murid jadi lebih peka terhadap lingkungan ketika murid melihat ada Sampah dia langsung memungut dan memasukkan sampahnya ke tempat sampah. Mekanismenya itu kalo untuk SMA itu sendiri boleh langsung mendaftarkan ke pihak yang bertanggung jawab, nanti biasanya akan di laksanakan 1 tahun pembelajaran tentang Adiwiyata baru bisa masuk ke tingkat selanjutnya dan sampai Adiwiyata mandiri. Dan SMA Negeri 1 Belitang sangat- sangat berpotensi bisa sampai Adiwiyata mandiri bahkan bisa sampai ECO Asean di Indonesia baru 2 yang masuk ECO Asean dari pulau Jawa, di Sumatra Selatan belum ada semoga saja SMA Negeri 1 Belitang bisa menjadi pelopor Adiwiyata Sumatra Selatan tingkat Asia”.

Jurnalis :

  1. Dyan Syafi’i
  2. Adellita
  3. Lady Aqila Shalsabilla
  4. Anggita Wulandari

Redaktur : 1. Sabrina Febriani

Editor : 1. Wayan Aldo Martindo

Add Comment