Teknologi Tak Runtuhkan Literasi

Teknologi Tak Runtuhkan Literasi

Penyerahan Hadiah oleh Bapak Gubernur dan Duta Literasi Sumsel

Belitang,  23 Oktober 2020. Dalam rangka memperingati Hari  Sumpah Pemuda, Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan mengadakan lomba promosi perpustakaan yang diikuti oleh seluruh siswa siswi SMA, SMK, sederajat se-Sumatera Selatan. Lomba ini bertujuan meningkatkan minat membaca pelajar di Sumatera Selatan. Dengan diadakan lomba ini, para panitia berharap masyarakat Sumatera Selatan dimulai dari tingkat pelajar hingga masyarakat umum sadar akan pentingnya literasi. Untuk mendukung kegiatan ini, SMA  Negeri 1 Belitang mengirimkan karya berupa film pendek dengan judul ‘Tak Terganti’. Film pendek ini menceritakan tentang pentingnya membudayakan literasi daripada selalu bergantung pada teknologui. Teknologi meemang pemting, tetapi buku tak akan pernah tergantikan.

Film pendek ini dimainkan oleh Nadya dan Desilva sebagai pemeran utama, dan kru yang bertugas yaitu, Teddy dan  Sakha sebagai kameramen, Viktor, Yudha, Bagas, Sella, Wilda, dan Riris sebagai kru yang bertugas. Proses pembuatan vidio berlangsung selama 2 hari, dan proses pengeditan 1 hari. Selama proses pembuatan vidio anak-anak X-JP dibimbing langsung oleh pembina eskul ini, yaitu Pak Bagus Pancawiratama, S.pd. 

Pada 23 Oktober 2020, para peserta diwajibkan datang ke Kantor Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan untuk pengumuman juara, dan SMA Negeri 1 Belitang mendapat juara 2 di lomba kali ini. Tetapi, piagam dan hadiah diberikan pada tanggal 2 November 2020 di Griya Agung Sumatera Selatan dan diberikan langsung oleh Bapak Gubernur kita, Bapak H. Herman Deru, S.H., M.M. dan Duta Literasi Sumatera Selatan, Ibu Hj. Percha Leanpuri, B.Bus., MBA. Hadiah yang didapat berupa piala, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp 2.750.000. 

Berikut daftar pemenang dilomba ini :

Juara 1 SMA 2 Banyuasin

Juara 2 SMA Negeri 1 Belitang

Juara 3 SMK Lubuk Linggau

Juara harapan 1 SMA 1 Lawang Kidul Muara Enim

Juara harapan 2 SMA Negeri 4 Palembang

Juara harapan 3 SMA Bukit Asam

Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi SMA Negeri 1 Belitang, karena pembuktiaan bahwa SMA Negeri 1 Belitang tidak kalah lebih berprestasi dari sekolah sekolah yang ada di kota. Pandemi tidak menjadi alasan bagi anak-anak X-JP untuk selalu berprestasi dan berkarya.

Jurnalis : Adinda Fatimah Adzahra

Redaktur : Sabrina Febriani

Editor : Wayan Aldo Martindo

Add Comment