Literasi Harga Mati

Literasi Harga Mati

Foto Pemenang


Belitang, 2 November 2020 SMA Negeri 1 Belitang menghadiri acara lomba literasi. Acara berlangsung tiga hari di Griya Agung mulai dari Senin 2 November – Rabu 4 November 2020. Peserta yang mengikuti lomba ini adalah pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Sumatera Selatan. SMA Negeri 1 Belitang mengirim  kurang lebih 10 orang yang menghadiri acara di Griya Agung yaitu :

  1. Teddy Nugroho
  2. Yuda Atho Nabil Nafiis
  3. Wilda Nabila Alifia
  4. Indah Permata Sari
  5. Nyoman Dwi Indriani
  6. Nadya Erpina Putri
  7. Viktor Pangihutan Siregar 
  8. Wayan Dyego Satyawan
  9. Carles Turawan
  10. Risky Iswahyudianto

Tujuan diadakanya lomba literasi ini adalah guna meningkatkan pemahaman tentang literasi, pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalaui dinas perpustakaan menggelar festival literasi Sumsel di Griya Agung, pada hari senin 2 November 2020. Kegiatan yang berlangsung 2 November – 4 November 2020 itu dimeriahkan dengan penampilan seni dan budaya khas Sumsel serta dimeriahkan berbagai lomba.

“Kegiatan ini merupakan terapi kejut pada para pemuda. Jangan pernah berekreasi dan berinovasi. Meskipun kita di masa pandemic covid-19” kata Herman Deru dalam konverensi pers seusai membuka acara. Sedangkan PLT kepala dinas perpustakaan provinsi Sumsel, Ibu Fitriana mengatakan “Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020.” Tujuan dan sasaran kegiatan lomba literasi ini adalah, meningkatkan pemahaman tentang literasi melalui kegiatan Festival Literasi Sumsel yang mengusung tema multiliterasi, mengembangkan kreativitas dan meningkatkan inovasi di kalangan pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat Se – Sumatera Selatan, khususnya di masa pandemic Covid – 19. Festival literasi Sumsel diisi dengan penampilan seni dan budaya seperti Rejung Pasirah dan Guritan Pagaralam. 

Acara juga dimeriahkan sejumlah lomba, antara lain:

  1. Lomba desain dan fashion show batik khas Sum – Sel kombinasi
  2. Vlog Literasi
  3. Stand Up Komedi
  4. Cipta meme literasi 
  5. Film literasi
  6. Drama teaterikal 
  7. Lomba baca dan cipta pantun bahasa daerah Sumsel
  8.  video pendek promosi perpustakaan sekolah

Lomba yang di ikuti SMA Negeri 1 Belitang adalah promosi perpustakaan, film literasi dan vlog literasi. Allhamdulillah video promosi perpustakaan mendapatkan juara 2, vlog literasi mendapat juara 1 dan film literasi mendapat juara 3. Sebenarnya utuk film pendek  promosi perpustakaan itu sudah di laksanakan pada tannggal 23 Oktober 2020 di kantor dinas perpusatakaan Sumsel, tetapi untuk penyerahan hadiahnya tanggal 2 November 2020 di Griya Agung pada acara Festival literasi Sumatera Selatan yang di serahkan langsung oleh Bapak H. Herman Deru dan Duta Literasi Sumsel, yaitu Ibu Percha. Hadiah yang di dapat dari lomba  yaitu piala, piagam, dan uang pembinaan.Siswa siswi SMA Negeri 1 Belitang peserta lomba sampai  Griya Agung di damping langsung oleh Pak Bagus Panca Wiratama, S.Pd selaku pembimbing dari eskul X – JP. Banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang di dapat dari lomba literasi Sumsel. Untuk festival kali ini, anak-anak X-JP SMA Negeri 1 Belitang berhasil membawa pulang 3 piagam penghargaan, yaitu Juara 2 film pendek promosi perpustakaan, Juara 1 vlog literasi, dan yang terakhir Juara 3 film pemdek literasi. Pencapaian ini tidak hanya membanggakan siswa siswi peserta, tetapi juga mendapat apresiasi yang besar dari pihak sekolah, dan terutama, Bapak Kepala SMA Negeri 1 Belitang, Bapak Prioyitno, S.Pd, MM. Dalam acara  festival literasi ini tidak hanya sekedar lomba saja, selama acara juga da beberapa Workshop yang mana materi yang di sampaikan sangat bermanfaat dan menginspirasi. Pemateri juga merupakan orang-orang hebat yang ada di Sumsel ini. 

Menurut anak-anak X-JP SMA Negeri 1 Belitang, kegiatan ini sangat berkesan bagi mereka, karena tidak hanya sekedar lomba, tetapi juga bermanfaat bagi prestasi-prestasi yang akan diraih.

Jurnalis : Adinda Fatimah Azahra

Redaktur : Sinar Hayati Marega

Editor : Wayan Aldo Martindo

Add Comment