Jam Terbang Makin Tinggi, X-JP Sudah Sampai ke Cirebon

Jam Terbang Makin Tinggi, X-JP Sudah Sampai ke Cirebon

Penghargaan Lomba Festival Bahari

Belitang, 25 Oktober 2020 Kepala SMA Negeri 1 Belitang H. Prioyitno S.Pd MM mengapresiasi kembali atas pencapaian prestasi ekstrakulikuler jurnalistik dan perfilman X-JP. Team X-JP berhasil menorehkan lagi prestasi ditingkat nasional yaitu juara 3 film pendek pelajar yang berjudul JAKOM (Jawa Komering) dengan kategori ‘Bhineka’ di Festival Film Bahari Cirebon. Festival Film Bahari diadakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2020. Selain diadakan perlombaan, diadakan juga online talk, launching youtube Channel Visit Bondet Cirebon, dan pemutaran video profil 3 desa yang dilakukan secara online melalui media zoom. Juri-juri insan perfilman dan komunikasi Festival Bahari adalah Insan Indah Pribadi, Marleni Adiya, dan Widhi Nugroho. Film JAKOM merupakan salah satu karya team X-JP yaitu Adinda , Wilda, Rizky, Kausar, Amar, Sella, Maresa, Farhan, dan Yudha yang menceritakan tentang perbedaan watak 2 suku mayoritas di OKU Timur yaitu Suku Komering dan Suku Jawa. Selain Film JAKOM, Team X-JP juga mengirimkan 2 karya lainnya yang berhasil masuk nominasi yaitu Film Satu Dalam Perbedaan yang bercerita tentang indahnya keberagaman dan Film Sanak Ngura yang menceritakan tentang para remaja yang ingin melestarikan kebudayaan di daerahnya. 3 Film tersebut merupakan karya yang sudah dilombakan sebelumnya sehingga proses pembuatanya dilakukan sebelum pandemi covid-19.
Berikut daftar film yang masuk nominasi kompetisi film pendek pelajar 2020 dalam kategori BHINEKA yaitu.

SIDE OF SAID : Frisca Amelia – sinegasi pictures ( SMKN 3 Bekasi) Jawa Barat.
SATU DALAM PERBEDAAN : Yuda Atho Nabil Nafiis – SMAN 1 Belitang Kab.Oku Timur Sumatera Selatan.
SANAK NGURA : Teddy Nugroho – SMAN 1 Belitang Kab. Oku Timur Sumatera Selatan. JAKOM : Wilda Nabila – SMAN 1 Belitang Kab. Oku Timur Sumatera Selatan.
LINGSO : Muhammad Fadhillah Akbar – SMKN 03 Batu Jawa Timur.
GEGUDUH : Novita Sari – SMKN 5 Bandar Lampung.
KOTAK KETIGA : Satriawan Dika Samudra – SMKN 1 Godean Yogyakarta.

Juara film terbaik dalam kategori Bhineka adalah.

Kotak ketiga, karya Satriawan Dika Samudra.
Lingso, karya Muhammad Fadhillah Akbar.
Jakom, karya Wilda Nabilla Alifia

“Alhamdullilah berkat karya dan semangat para siswa SMA Negeri 1 Belitang kita selalu meraih prestasi yang membanggakan. Sebagai pendidik, tentu kita akan mendorong penuh berbagai inovasi siswa – siswi dalam menyalurkan prestasi – prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik.” Ujar H. Prioyitno S.Pd MM, selaku Kepala SMA Negeri 1 Belitang.

Meskipun dalam keadaan pandemi Covid 19, SMA Negeri 1 Belitang tidak mengalami patah semangat dalam berkarya. Ekstrakulikuler di SMA Negeri 1 Belitang ditanamkan oleh para pembina untuk berprestasi dalam keadaan apapun. Terkhususnya X-JP yang dibimbing langsung oleh Pak Bagus Panca Wiratama S.Pd dan didukung oleh Kepala SMA Negeri 1 Belitang, yaitu H. Prioyitno S.Pd MM.

Jurnalis:Adinda Fatimah Azahra

Redaktur:Nadya Erpina Putri

Editor:Wayan Aldo Martindo

Add Comment