Dari Jakarta Ke Surabaya, KIR PRIMA Jadi Juara

Pada 22-23 Februari 2020, HIMAGIZI USAHID (Jakarta) mengadakan lomba yang merupakan acara tahunan bersamaan dengan memperingati Dies Natalis Usahid ke-32. Lomba yang di adakan yaitu Sahid Nutrition Scientific Competition (SNSC) dan Sahid National Seminar of Nutrition (Sn2+).

KIR Prima SMA Negeri 1 Belitang mengirimkan satu tim untuk ikut dalam Sahid Nutrition Scientific Competition (SNSC). Tim tersebut terdiri dari Dwi Aulia Rahmawati (XI IPA 5), Rifdah Sasikirana (XI IPA 4) dan Tria Ningsih (XI IPA 1) bersama guru pembimbing yaitu Ibu Tri Tamti Nugraheni, S.Pd.

SNSC 2020 mengusung tema “Optimalisasi dan Inovasi Gizi menuju SDG’s” diikuti oleh siswa dan mahasiswa dari penjuru Indonesia dengan total 90 peserta yang mengirim abstrak dan terpilihlah 8 tim kategori siswa, 10 tim kategori mahasiswa yang menjadi finalis dan melakukan presentasi oral di hadapan dewan Juri.

KIR Prima menjadi salah satu dari 8 tim tersebut dan berhasil mendapat Juara 1 dan Penghargaan Best Presentation dengan membawakan sebuah inovasi pangan tulang ikan gabus sebagai sumber kolagen yang tinggi. Inovasi pangan tersebut berupa PIEC BONE Channa striata.

Pelajar Berprestasi Perwakilan KIR PRIMA

Tidak hanya sampai Jakarta pada tanggal 28 Februari 2020, KIR Prima juga mengirimkan tim ke Surabaya untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Nasional di FIP UNESA, Jurusan Psikologi. Tim tersebut terdiri dari Wayan Dyego Setyawan (XI IPA 6) dan Charles Turawan (XI IPA 6). Guru pembimbing yaitu Bapak Nur Rohmad Safarudin, S.Pd dan Ibu Tri Puri Anggraini, M.Pd. Dengan membawakan karya tulis berjudul : Ambali-Bali : Usaha Mengelola Alam Melalui Metode PLTB (Pembukaan Lahan Tanpa Bakar) Berbasis TKSDL (Teknologi Konservasi Sumber Daya Lahan) Pada Masyarakat Desa Betung, Kecamatan Semendawai Barat, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan.

Tim KIR Prima berhasil menjadi finalis 6 besar dan meraih Juara 3 Umum untuk Lomba Karya Tulis Nasional dari kurang lebih 150 peserta yang mengikuti lomba tersebut.

Perwakilan KIR PRIMA di Surabaya bersama Trophy yang mereka raih

Dari Jakarta, KIR Prima berhasil membawa Trophy dan Beasiswa dari HIMAGIZI USAHID serta uang pembinaan. Begitu juga dengan tim dari Surabaya yang berhasil membawa Trophy serta membawa nama baik SMA Negeri 1 Belitang ke tingkat nasional dalam Lomba Karya Tulis Nasional di Psikologi FIP UNESA Surabaya.

Melalui wawancara yang dilakukan oleh tim Redaksi Prima, kedua tim merasa bersyukur atas kesempatan yang diberi untuk membawa nama SMA Negeri 1 Belitang. Serta mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan membina mereka sehingga berhasil mencapai titik tersebut.

Selanjutnya dengan inovasi dan karya yang lebih cemerlang, KIR Prima akan kembali membawa nama SMA Negeri 1 Belitang untuk lebih luar biasa.

Jurnalis : Cinde A.S Redaktur : Sinar Hayati Marega Editor : Muhammad Irman Zakiani

Add Comment