Kompetisi Sains Nasional: Tempur di Kancah Provinsi

Foto bersama peserta kompetisi Sains Nasional dari SMA Negeri 1 Belitang.

Kompetisi Sains Nasional
Belitang – Selasa, 10 maret 2020 Beberapa siswa yang telah dipilih untuk mewakili SMA Negeri 1 Belitang berangkat ke SMA Negeri 1 Cempaka untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten. Olimpiade yang diadakan disana bertujuan untuk menyeleksi siswa-siswa yang akan mewakili kabupaten Ogan Komering Ulu Timur di ajang Kompetisi Sains Nasional di tingkat provinsi. SMA Negeri 1 Belitang mengirim 18 siswa untuk megikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten tersebut dengan didampingi oleh 2 guru pendamping, yaitu Bapak Hidayat dan Ibu Try Puri Anggraini. Lama waktu persiapan yang telah dilakukan oleh peserta sudah sejak 5 bulan yang lalu. Banyak hal yang harus dilakukan oleh para peserta dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional tersebut, mulai dari memperdalam ilmu, membagi waktu belajarnya dengan pelajaran di sekolah, belum lagi tugas-tugas yang harus segera diselesaikan.

Para peserta Kompetisi Sains Nasional tersebut mengerjakan ujian dengan lama waktu, yang dilaksanakan di ruang-ruang berbeda, sesuai dengan bidang mata pelajarannya masing-masing. Waktu yang diberikan untuk mengerakan soal-soal tersebut juga berbeda-beda, mulai dari 120 menit sampai 180 menit. Setelah mengerjakan soal-soal Kompetisi Sains Nasional tersebut, para peserta melanjutkan kegiatan dengan makan siang sesi foto bersama. Pada tahun ini, ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya, yang dikirim untuk mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional di tingkat provinsi adalah 3 peserta terbaik. Sedangkan untuk tahun ini, hanya yang mendapatkan nilai terbaik dari masing-masing bidang yang akan mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional di tingkat provinsi. Dari SMA Negeri 1 Belitang yang menjadi peserta terbaik dan akan mewakili OKU Timur dalam mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional di tingkat provinsi yaitu:

Jesica Nurlaili di bidang Kebumian

Trio Adi Saputra di bidang Geoggrafi

Untuk yang mewakili SMA Negeri 1 Belitang di ajang Kompetisi Sains Nasional tingkat provinsi, semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik nantinya dan lebih semangat lagi dalm berjuang. Dan yang belum bisa melanjutkan ke tahapan tersebut, tetap semangat dan jangan menyerah disini. Untuk kelas 11, ilmu yang telah kalian dapatkan tidak akan sia-sia karena ilmu tersebut akan berguuna untuk kalian kelak. Dan yang kelas 10, tetap semangat jangan sampai kendor semangatnya karena tahun depan masih bisa lanjut. Prestasi ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Belitang agar lebih memacu diri untuk meninngkatkan prestasi, baik itu bidang akademik maupun bidang non-akademik.
Semoga prestasi yang telah diraih ini dapat membawa nama SMA Negeri 1 Belitang menjadi lebih gemilang.

  • Jurnalis : Cinde Arsya Sepia
  • Redaktur : Wayan Dyego Satyawan
  • Editor : Arya Satria

Add Comment