Mental 21: Jilid 2

Belitang – Minggu, 09 Februari 2020 Peserta didik SMAN 1 Belitang melaksanakan kegiatan lanjutan UPRADING yang telah dilaksanakan pada sabtu, 23 Januari 2020. Kegiatan ini diadakan oleh pengurus OSIS dan diikuti oleh ekstrakulikuler lain seperti PASBRAMA, KIR PRIMA dan SISPALA PRIMA.

Penanggung jawab utama

  1. Prioyitno,s.Pd.MM
  2.  Ketut Sudiarte
  3.  Ahmad Zuhdi

Pembina Ekstrakulikuler

  1. OSIS                             : Ahmad Zuhdi
  2. PASBRAMA                  : Ferry Ardianto
  3. KIR PRIMA                   : Nur Rohmad Saffarudhin
  4. SISPALA PRIMA           : Nur Rohmad Saffarudhin

Penanggung jawab setiap Ekstrakulikuler

  1. OSIS                             : Gilang Pratama
  2. PASBRAMA                  : Addila Donny Pratama
  3. KIR PRIMA                   : Wayan Dyego Satyawan
  4. SISPALA PRIMA           : Diza Tazkiyah Aulia

Untuk kegiatan lanjutan UPGRADING OSIS agendanya adalah pengambilan baju. Kegiatan ini tidak dikenakan dana karena kegiatan ini adalah agenda lanjutan dari UPGRADING yang telah dilaksanakan di Danau Ranau. Untuk persiapan kegiatan ini kurang lebih selama satu bulan. Dalam agenda ini ada 3 pos yang harus dilalui oleh pengurus OSIS. Pos pertama adalah Pos Kepemimpinan dan Bela Negara, setelah melewati pos ini pengurus OSIS diharapkan bisa menjadi pemimpin yang baik untuk SMAN 1 Belitang. Pos kedua adalah Pos Kerjasama dan Game,dalam pos ini diharapkan pengurus OSIS dapat saling peduli antar sesama dan kompak untuk bisa memberikan yang terbaik bagi SMAN 1 Belitang. Pos ketiga adalah Pos Meningkatkan Kinerja dan Kerjasama, dalam pos ini diharapkan pula pengurus OSIS selalu semangat dan bekerja keras untuk mengembangkan SMAN 1 Belitang.

Agenda lanjutan UPGRADING KIR adalah agenda pengambilan baju. Ada 11 orang panitia pengukuhan, serta ada 16 orang yang mengikuti pengukuhan KIR. Tema pengukuhan ini adalah sikap 21, mengapa harus 21? Karena diambil dari kata jujur dan tanggung jawab. Sebelum melakukan pengukuhan ada pembagian kelompok, pada setiap kelompok terdiri dari 4 orang peserta. Persiapan yang dilakukan sebelum pengukuhan selama 2-3 hari,dana yang dikeluarkan sebesar Rp.100.000, dalam kegiatan pengukuhan ini  panitia tidak meminta dana dari adik-adiknya. Dalam agenda ini ada 3 pos yang harus dilalui peserta pengukuhan KIR. Pos pertama adalah Pos Bayangan 1, dalam pos ini peserta per kelompok di beri nyawa berupa telur, pada pos ini juga peserta pengukuhan mengerjakan soal matematika dengan materi logaritma dan aljabar. Pos kedua adalah Pos Game, pos ini di khususkan untuk bermain game dari bambu dengan aturan setiap kelompok harus membawa anggotanya naik di atas bambu serta game mengambil air menggunakan ember dan diangkat bersama-sama menggunakan kaki. Sebelum menuju pos ketiga peserta pengukuhan harus melewati Pos Bayangan 2, pada pos ini peserta diberi materi kepemimpinan dan bela negara. Poada pos ketiga peserta pengukuhan dimintai jawaban dari setiap inti pengukuhan dan makna yang bisa dipetik dari pengukuhan.

Agenda lanjutan UPGRADING Capas SMA Negeri 1 Belitang adalah pengukuhan menjadi anggota Pasbarama SMA Negeri 1 Belitang. Pengukuhan ini juga merupakan ajang bagi anggota capas untuk mengambil baju keseragaman mereka. Kegiatan ini diikuti oleh 11 anggota pasbarama yang belum mengikuti kegiatan pengukuhan di Danau Ranau.

Untuk menyelasaikan misi pengukuhan dan pengambilan baju, anggota capas harus melewati beberapa post yang didalamnya terdapat tantangan-tantangan.

Perjuangan capas dimulai dari sekolah yang menjadi start, di start ini anggota capas akan mempersiapkan apa yang harus mereka bawa ke post pertama sampai finish nanti.

Post pertama terletak di Jalan Yuni Salon, dipost ini mereka melaksanakan sebuah game yaitu ‘estafet air’, game ini merupakan sebuah kesenangan sebelum capas mendatangi post-post yang lebih menantang nantinya.

Post kedua terletak di SD Tugu Harum, dipost kedua ini anggota capas akan ditest kemampuan baris-berbaris selama mengikuti eskul paskib di smansa, terutama dalam 16 gerakan dasar baris-berbaris.

Post ketiga adalah post spesial, karena post ini merupakan inti dari semua kegiatan hari itu. Post ini dinamakan ‘post kebersamaan’ karna dipost ini semua yang dilakukan oleh satu orang akan ditanggung bersama-sama, satu salah semua akan menanggung akibatnya. Di post ini mental dan fisik capas diuji, konsekuensi yang didapat sesuai dengan tingkat kesalahan yang dilakukan, semakin tinggi kesalahan maka konsekuensinya pun semakin tinggi, begitupun sebaliknya.

Post keempat adalah ‘Post Pintar’, dimana di post ini anggota capas akan diuji seberapa luas wawasannya mengenai paskibraka. Jadi pengukuhan itu bukan hanya tentang fisik ya, tetapi ada juga pemateriannya, jadi jangan hanya beranggapan bahwa pengukuhan itu tentang ‘fisik’ semua akan terasa menyenangkan bila kita melakukannya dengan sukacita.

Post terkhir adalah ‘post finish’. Post ini terletak di smansa, post ini memang post terakhir tetapi bukan tantangan terakhir bagi anggota capas. Karena setelah melewati banyak post, anggota capas akan dikumpulkan dilapangan utama SMA Negeri 1 Belitang dan diberi waktu kurang lebih 2 menit untuk mencari baju-baju yang sudah disebarkan oleh panitia di ruang-ruang kelas yang ada di SMA Negeri 1 Belitang.

Tujuan dilaksanakannya pengukuhan ini adalah untuk menanamkan sikap 21 atau sikap jujur dan tanggung jawab. Harapan dari pengukuhan ini semoga anggota yang telh dikukuhkan  menjadi lebih baik lagi dan bisa menerapkan sikap 21-Nya. Selain itu, dalam kegiatan UPGRADING ini diharapkan pula semua anggota yang telah dikukuhkan dapat memupuk rasa kejujuran dan tanggung jawab para peserta sehingga lebih semangat untuk berorganisasi untuk kemajuan sumber daya manusia di indonesia.

  • Redaktur: -Nadya Erpina Putri-Sindy Mei Marantika-Sabrina

Add Comment