Mental 21

Belitang — Sabtu, 25 Januari 2020

Peserta didik SMAN 1 Belitang, sebanyak 54 orang yang terdiri dari 2 Pengurus OSIS kelas X, 21 Calon PASBARAMA, 4 Calon KIR PRIMA dan 7 Capon SISPALA PRIMA, berangkat menuju Danau Ranau untuk mengikuti kegiatan UPGRADING.

UPGRADING yang mana memiliki arti Peningkatan merupakan salah satau kegiatan besar yang diadakan oleh Pengurus OSIS dengan bantuan dari ekstrakurikuler lain yang ada di SMAN 1 Belitang. Pada tahun ini, kegiatan UPGRADING dilaksanakan di Danau Ranau dalam rangka pengambilan bet OSIS dan pengukuhan sejumlah esktrakurikuler yaitu PASBARAMA, KIR PRIMA dan SISPALA PRIMA.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keakraban antar organisasi dan ekstrakurikuler serta melatih tanggung jawab dan kejujuran para peserta didik yang ikut serta.

Para peserta telah berkumpul di sekolah sejak pukul 06:00 untuk menerima arahan singkat mengenai kegiatan di Danau Ranau. Pada pukul 07:30 para peserta beserta panitia dan guru pembina berangkat menuju Danau Ranau dengan menggunakan 3 bis. Pada hari sebelumnya, Jum’at 24 Januari 2020 telah ada sejumlah panitia yang berada di Danau Ranau guna menyiapkan lokasi dan segala keperluan.

Perjalan menuju Danau Ranau yang seharusnya memakan waktu berkisar antara 4-5 jam menggunakan bis sempat terhambat dikarenakan diperjalanan bis 1 dan bis 3 mendapatkan perbaikan. Panitia memperkirakan bahwa peserta akan tiba di Danau Ranau pada pukul 10:00 namun karena hambatan yang sempat datang para peserta baru tiba di Danau Ranau sekitar pukul 16:00. Benar-benar meleset jadi jadwal yang telah dirancang. Keberangkatan dari sekolah dari awal juga telah memakan banyak waktu dikarenakan menunggu peserta lain yang berasal dari jauh. Namun diluar itu semua, kegiatan UPGRADING berjalan dengan lancar.

Begitu sampai di lokasi, para peserta turun dari bis dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanan panjang yang melelahkan seketika hilang ketika melihat pemandangan asri di Danau Ranau. Setelah sampai di tenda, para peserta langsung menempati tenda masing-masing dan menyusun semua barang yang mereka bawa. Tidak diberi waktu istirahat, para peserta langsung diajak berkeliling dengan acara hiking. Acara hiking kali ini memberikan kesan yang lebih dari biasanya, pasalnya pos ketiga berada di lokasi air terjun Subik Tuha sekaligus penelitian lapisan batuan disana . Selain itu, pada kegiatan ini para peserta mendapat teka-teki mengenai sikap yang harus mereka terapkan, yaitu “Sikap 21”.

Setelah hiking, para peserta mendapat waktu istirahat untuk sholat dan makan sebelum melanjutkan kegiatan. Sebelum keberangkatan, para peserta telah mendapat arahan mengenai pentas seni yang akan ditampilkan perkelompok. Dan malam puncaknya adalah Sabtu, 25 Januari 2020 pada pukul 19:00 sampai 22:00. Peserta menampilkan pentas seni dengan macam-macam kearifan mulai dari tari, lagu, seni bela diri dan lain-lain. Pada pukul 10:00 malam para peserta telah masuk tenda untuk istirahat tidur.

Pukul 02:00 dini hari, Minggu, 26 Januari 2020, peserta dibangunkan untuk kegiatan jurit malam. Kegiatan jurit malam yang dilakukan di sekitar Pusri dalam rangka mencari benda berharga yang simbolis dari organisasi atau ekstrakurikuler. Pengurus OSIS mencari Bet OSIS, Calon PASBARAMA mencari topi dan baju, Calon KIR PRIMA mencari slayer dan Calon SISPALA PRIMA mencari NIA.

Setelah kegiatan jurit malam, peserta mendapat jatah istirahat untuk sholat dan makan serta bersih-bersih. Selanjutnya peserta memulai kegiatan pagi dengan sarapan. Setelah sarapan, para peserta dikumpulkan per organisasi dan ekstrakurikuler masing-masing untuk mendapat pengarahan singkat mengenai acara pengukuhan yang akan dilaksanakan.

Acara pengukuhan berlangsung dengan khidmat dan penuh air mata. Para peserta telah melalui banyak hal untuk menerima dan mengemban tugas yang akan mereka pertanggung jawabkan. Seperti halnya tema kegiatan UPGRADING yaitu Kejujuran dan Tanggung Jawab yang juga menjadi jawaban dari teka-teki Sikap 21. Yang mana huruf dalam tema berjumlahlan 21 huruf.

Acara pengukuhan selesai sekaligus menutup acara UPGRADING secara simbolis. Para peserta berjalan menuju bis untuk selanjutnya pulang ke Belitang.

Para peserta mengaku bersemangat mengenai acara UPGRADING in. Salah satu peserta bernama Made Bayu Surenggane mengungkapkan bahwa ia merasa senang mendapat banyak pengalaman baru. “Perasaan aku seneng dapat pengalaman baru, dapat wawasan baru, walaupun capek tapi semua itu terkalahkan oleh kebersamaan kami dan keseruan kami,” tuturnya saat diwawancarai oleh tim Redaksi Prima.

Diharapkan kegiatan UPGRADING ini dapat memupuk rasa kejujuran dan tanggung jawab para peserta sehingga lebih semangat untuk berorganisasi untuk kemajuan sumber daya manusia di Indonesia.

  • Jurnalis: Cinde Asya Servia
  • Redaktur: Sinar Hayati Marega

Add Comment