HUT PGRI Ke-74, Tingkatkan Kembali Semangat dan Kemauan Pendidik

Belitang – 25 November merupakan hari yang diperingati sebagai HUT PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Dalam rangka merayakan hari tersebut, pada 25 November 2019 guru-guru di Indonesia melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru. Begitu pula guru-guru di Kecamatan Belitang.

Upacara diikuti oleh seluruh guru TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MAN. Kegiatan ini diadakan dalam skala kabupaten, tetapi diputuskan dan disepakati untuk setiap cabang harus mengadakan kegiatan sendiri-sendiri baik kegiatan sebelum hari H maupun kegiatan inti upacara.

Ada 4 kecamatan yang ditunjuk sebagai simbol kabupaten. Selain itu, semua kecamatan harus mengadakan  kegiatan upacara peringatan Hari Guru di kecamatan/cabang masing-masing.

Selama persiapan Upacara Peringatan Hari Guru 2019, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh panitia pelaksana seperti pemilihan petugas upacara, karena yang bertugas adalah guru. Disamping itu, sekolah yang memiliki kepentingan tidak terduga juga menjadi kendala, seperti guru yang sudah mendapatkan tugas ternyata ada kepentingan di Palembang secara dinas sehingga harus mencari pengantinya.

Upacara dipimpin oleh Bapak Didi Franzhardi, M.Pd dari SMAN 1 Belitang

Perbedaan Upacara Peringatan Hari Guru antara tahun ini dan tahun sebelumnya terletak pada tempat pelaksanaan. Jika tahun lalu upacara dilaksanakan di Lapangan KONI, maka tahun ini upacara dilaksanakan di Lapangan Utama SMAN 1 Belitang. Hal ini karena upacara akan lebih mudah difokuskan ketika dilaksanakan di tempat yang tidak terlalu luas karena pesertanya khusus guru.

Pak Badowi selaku Ketua Cabang PGRI Belitang mengisyaratkan bahwa HUT PGRI bermakna untuk meningkatkan kembali kemauan dan semangat para pendidik agar selalu ingat akan fungsi dari guru itu sendiri.

Pak Badowi juga mengingatkan seluruh guru, “Mari kita laksanakan apa yang telah diamanahkan untuk kita semua.” Selain itu, beliau juga berpesan kepada seluruh siswa, “Generasi muda adalah generasi penerus bangsa, maka siapkanlah bekal-bekal untuk masa mendatang.”

Add Comment