Pengukuhan OSIS SMANSABEL

Pengukuhan OSIS SMANSABEL

Belitang, 06 Oktober 2019 merupakan hari ke-2 pengukuhan calon Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Belitang angkatan ke-17 periode 2019/2020 dengan panitia penyelenggaranya merupakan OSIS angkatan ke-15 periode 2017/2018. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Kegiatan ini dibuka dengan pemanasan lalu dilanjutkan dengan keliling Lapangan Koni, setelah semua CPO (Calon Pengurus OSIS) lari, kegiatannya dilanjutkan dengan senam pagi.

Setelah melaksanakan senam pagi, CPO akan melaksanakan kegiatan out bound yang melewati  7 pos dengan penuh tantangan. Ketujuh pos tersebut adalah:

Pos yang pertama adalah Pos Santuy yang berlokasi di parkiran SMA Negeri 1 Belitang. Di pos ini semua CPO akan merayap dan melewati jaring laba-laba. Meskipun penuh rintangan mereka tetap melakukan kegiatan dengan penuh semangat. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih kelincahan CPO dalam menghadapi rintangan dan kecekatan saat mengerjakan tugas sebagai pengurus OSIS.

Pos yang kedua adalah Pos Aqua atau Pos Penyamaran. Pos ini berlokasi di depan aula SMA Negeri 1 Belitang. Pada pos ini, seluruh calon pengurus osis diwajibkan memakai masker kopi. Tujuan pemakaian masker kopi ini adalah melindungi kulit CPO dari paparan sinar matahari dan di pos ini juga CPO diminta untuk mencari dedaunan. Dedauan tersebut dibentuk untuk menutupi wajah sebagai penyamaran saat menuju ke pos selanjutnya. Di pos inilah mereka dituntut agar fokus dan kreatif  menggunakan dedaunan agar bisa melakukan penyamaran.

Pos ketiga adalah Pos Kabel Data yang bertempatan di lapangan sekolah SMA Negri 1 Belitang. Di pos ini CPO diajak bermain game, yaitu game yang harus menyambungkan sarung dari ujung ke ujung, game ini ditujukan untuk melatih kerjasama dan rasa saling percaya. Di pos ini mereka dituntut untuk dapat menyelesaikan tantangan yang ada pada game tersebut. Dalam menyelesaikan tantangan game inilah mereka dapat melatih kerja sama.

Pos keempat adalah Pos Jangan Ditiru, pos ini berlokasi di depan masjid SMA Negeri 1 Belitang. Pada pos ini, CPO harus mencari 10 balon di sekitar masjid dengan warna balon yang sudah ditentukan oleh panitia. Setelah semua balon terkumpul, balon tersebut ditiup dan diletakkan ditengah himpitan badan 2 orang. Setelah balon dihimpit, CPO harus berjoget sampai dihentikan panitia dan menjaga balon tersebut jangan sampai pecah hingga ke pos terakhir.

Post kelima adalah Pos Perjuangan. Setelah melewati jembatan, CPO harus tiarap di sungai hingga baju  yang dikenakan basah. Setelah baju mereka basah, calon pengurus osis melakukan guling botol dan tiarap lagi di sawah. Sesuai dengan nama pos nya, seluruh kegiatan di pos ini memang memerlukan perjuangan. Meskipun demikian, kegiatan ini dilalui dengan semangat dan penuh suka cita.

Pos keenam adalah Pos Orang Pinggiran. Kenapa dinamakan pos orang pinggiran? Karena di pos ini seluruh peserta beristirahat dan melaksanakan makan siang di pinggir jalan di Camp sambil menikmati hembusan angin karena lokasi yang dekat sawah dengan porsi satu untuk berdua. Pos ini berlokasi di Camp. Di pos ini mereka diajarkan untuk menikmati alam, diharapkan agar mereka bisa menjadi contoh dalam menjaga keindahan alam negeri  ini.

Pos ketujuh adalah Pos Halusi Nasib, pos ini berlokasi di BK dekat Jembatan RS Islam. Di pos ini mereka diajarkan untuk berani menghadapi tantangan didepan,siapa yang berani pasti dia bisa, seluruh CPS harus berani berenang melewati BK dengan berpegangan pada tali tambang yang telah disediakan panitia. Di pos inilah puncak dari semua kegiatan. Wajah-wajah kelelahan, tergantikan dengan keseruan dan sukacita yang tergambar jelas diwajah-wajah mereka.

Setelah melewati 7 pos tersebut, seluruh calon Pengurus OSIS kembali ke sekolah dengan sepatu yang tertenteng di leher mereka masing-masing sambil berlari-lark kecil.

Selain itu, jurnalis Redaksi Prima juga berkesempatan untuk mewawancari Ramadhani Audi Pratama selaku Ketua OSIS periode 2018/2019. Ramadhani menitipkan pesan untuk Ketua OSIS periode selanjutnya yaitu Gilang Pratama, “Harus tegas, berani mengambil keputusan, sabar, evaluasi setiap minggu, dan harus lebih baik dari sebelumnya” pesan Ramadhani.

Selanjutnya, Ramadhani Audi Pratama juga berpesan untuk seluruh anggota Pengurus OSIS, “bekerjalah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing karena kita disini sama-sama memperbaiki susunan di sekolah”  ujar Ramadhani.

Setelah membaca semua proses pengukuhan OSIS SMA Negeri 1 Belitang, bagaimana? Apakah teman- teman siap menjadi The Next Member OSIS selanjutnya? Menjadi anggota OSIS merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan. Tetapi ingat, kebanggan itu bukan untuk dibanggakan melainkan untuk di pertanggung jawabkan. Mari kita doakan semoga kepengurusan OSIS SMA Negeri 1 Belitang periode 2019/2020 dapat menjalankan tugasnya dengan amanah sesuai dengan visi misi dan ekspektasi warga SMA Negeri 1 Belitang.

REDAKSI PRIMA… MERDEKA!!!

WARRIOR… YES!!!

JURNALIS:Dyan syafi’i,Adelita,Anggita

REDAKTUR:Sabrina,Nadya Erpina Putri

Editor:Wayan Aldo M,Nadia Putri,Tiara.

Add Comment